KEEFEKTIFAN ICE BREAKING DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DIKELAS

Authors

  • Heni Purwa Pamungkas Universitas Negeri Surabaya
  • Mohamad Arief Rafsanjani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v3i2.621

Keywords:

Ice Breaking, Problem Based Learning, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran di era abad ke 21 berpusat pada peserta didik (student center learning). Pembelajaran diupayakan untuk membiasakan mahasiswa agar menjadi pebelajar sepanjang hayat (lifelong learning). Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui keefektifan ice breaking dan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar serta keaktifan mahasiswa dalam prose pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan metode eksperimen. Dalam penelitian ini, ada dua kelas yang dibandingkan, yaitu: kelas kontrol dan kelas eksperimen dimana masing-masing kelas mendapatkan perlakuan (treatment) yang berbeda. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keaktifan belajar, angket mahasiswa, serta soal pre test dan post test. Analisis data dilakukan secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat keaktifan belajar dan hasil belajar antara kelas control dengan kelas eksperimen. Selain itu, kenaikan hasil belajar di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Herbert Altrichter, Stephen Kemmis, Robin McTaggart, Ortrun Zuber‐Skerritt, (2002)
"The concept of action research", The Learning Organization, Vol. 9 Issue: 3,
pp.125-131, https://doi.org/10.1108/09696470210428840
Kavanagh, Marie, Marilyn Clark-Murph, Leigh Wood. (2011). The First Class: Using
Icebreakers to FacilitateTransition in A Tertiary Environment. Asian Social
Science, Vol. 7, No. 4, pp. 84-92
Muliawan, Jasa Ungguh. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research). Yogyakarta: Penerbit Gava Media
OECD. (2008). 21st Century Learning: Research, Innovation, and Policy. Paris:
Centre for Educational Research and Innovation
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Susan Stetson-Tiligadas.(2018). Designing for Active Learning: A Problem-Centered
Approach In Active Learning Strategies in Higher Education.
https://doi.org/10.1108/978-1-78714-487-320181003
Togia, Aspasia, Stella Korobili, Afrodite Malliari. (2011). Motivation to Learn and
Learning Strategies IT Courses In A Library and Information Science Department.
Library Review, vol. 61 no. 1. DOI: https://doi.org/10.1108/00242531211207415
Trilling, Bernie, Peteer Nilsson, Jennifer Groff. (2015). Skills for the 21st Century:
What Should Students Learn?. Massachusetts: Center for Curriculum Redesign
Warsono, Hariyanto. (2014). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yeganehpour, Parisa. (2016). The Effect of Using Different Kinds of Ice- Breakers on
Upper Intermediate Language Learners’ Speaking Ability. The Journal of
International Education Science. Vol. 3(6), pp. 217-238

Downloads

Published

2019-08-16

How to Cite

Pamungkas, H. P., & Rafsanjani, M. A. (2019). KEEFEKTIFAN ICE BREAKING DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DIKELAS. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 3(2), 67–74. https://doi.org/10.30599/utility.v3i2.621
Abstract Views: 1812 | File Views: 1805