PENGARUH SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI DI MA NURUL HUDA SUKARAJA

Authors

  • Wiwit Puji Lestari Program Studi Pendidikan Ekonomi,STKIP Nurul Huda Sukaraja Oku Timur
  • Dwi Susanti Program Studi Pendidikan Ekonomi,STKIP Nurul Huda Sukaraja Oku Timur
  • Miftakhur Rohmah STKIP Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v3i1.530

Keywords:

Pemanfaatan Buku-buku Perpustakaan, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi konsep bahwa keberhasilan belajar dipengaruhi oleh
faktor internal seperti sikap dan minat sehingga hal tersebut menarik untuk dilakukan
penelitian lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap belajar
peserta didik dan minat belajar vpeserta didik terhadap prestasi belajar ekonomi kelas xi di ma
nurul huda sukaraja.Penelitian dilaksanakan menggunakan jenis kuantitatif. Variabel bebas
pada penelitian ini adalah sikap (X1) dan minat (X1), sedangkan variabel terikat penelitian ini
adalah prestasi belajar ekonomi. Teknik pengumpulan data yang digunkan adalah angket dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan rumus product moment korelasi dan
regresi ganda.Hasil penelitian: Pertama: Sikap belajar peserta didik kelas XI MA Nurul Huda
Sukaraja adalah sedang yaitu dari 26 peserta didik terdapat 15 peserta didik atau 57,69%
menjawab sikap belajar masuk kategori sedang dengan nilai rata-rata hasil angket 65,8077
dan standar deviasi 10. Kedua: Minat belajar peserta didik kelas XI MA Nurul Huda Sukaraja
adalah sedang yaitu dari 26 peserta didik terdapat 17 peserta didik atau 65,38% menjawab
minat belajar masuk kategori sedang dengan nilai rata-rata hasil angket 66,2692 dan standar
deviasi 11. Ketiga: Prestasi belajar peserta didik kelas XI MA Nurul Huda Sukaraja adalah
sedang yaitu dari 26 peserta didik terdapat 18 peserta didik atau 69,23% menjawab prestasi
belajar masuk kategori sedang dengan nilai rata-rata hasil angket 79,9615 dan standar deviasi
11. Keempat: terdapat pengaruh yang kuat atau tinggi antara sikap belajar peserta dan minat
belajar peserta didik terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI dengan indeks korelasi
sebesar 0,96 yang berada diantara 0,81 – 1,00. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai
Fo = 540,73, Fo < Fo(26)(26) yaitu 540,73 > 1,99 sehingga hipotesis nihil H0 ditolak
sedangkan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiah, Rabiatul. (2016). Hubungan Cara Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaranpkn Pada Siswa Kelas X Sma Negeri Banjarmasin. Jurnal universitas lambung mangkurat Vol. 6 No. 11 Hal 973-976. (jurnal)
Al Shalahuddin, Mahfudh. (2014). Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bahri, Djamarah. (2008). Psikologi Belar. jakarta: Rineka Cipta
Crow, L. dan A, Crow. 2016. Psikologi Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu.
Danang Sunyoto. (2015). Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Yogyakarta: Amara Books.
Djamarah, Syiful. (2016). Psikologi Belajar. PT. Rineka. Cipta. Jakarta.
Irsyad, Muhammad. (2009). Pengaruh sikap belajar siswa dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Kelas VII Smp Muhammadiyah 10 Surakarta. Jurnal universitas muhammadiyah surakarta (jurnal).
Kadir. (2016). Statistika Terapan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Purbaningtyas, Suryani. (2016). Pengaruh kedisiplinan siswa dan minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas xi ips sma negeri 1 kutasari. Jurnal universitas negeri yogyakarta. (jurnal)
Rina, Eva. (2010). Pengaruh sikap belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi siswa kelas X Smester Genap SMA Yp Unila Bandar Lampung. Jurnal universitas negeri islam lampung (jurnal).
Riwahyudin, Arvi. (2015) Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal universitas palangkaraya Vol. 6 No. 1 Hal 13-15. (jurnal)
Rohim, Abdul. (2011). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam. Jurnal universitas islam negeri syarif hidayatullah (jurnal)
Rubiyah. (2011). Pengaruh Sikap Siswa Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Pekanbaru. Jurnal Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Pekanbaru (jurnal)
Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Sekolah tinggi keguruan ilmu pendidikan Vol. 1 No. 1 Hal 20-24. (jurnal)

Siregar,S. (2012). Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers
Slameto. (2016). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R & B. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alvabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alvabeta.
Suyadi, Bambang. (2017). pengaruh Minat Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Prajekan. Jurnal universitas jember Vol. 11 No. 1 Hal 67-69 (jurnal).
Wulandari, Rina. (2012). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Akuntansi Dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK I Sleman. Jurnal universitas negeri yogyakarta. (jurnal)

Downloads

Published

2019-11-15

How to Cite

Lestari, W. P., Susanti, D., & Rohmah, M. (2019). PENGARUH SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI DI MA NURUL HUDA SUKARAJA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 3(1), 45–54. https://doi.org/10.30599/utility.v3i1.530
Abstract Views: 1552 | File Views: 1242