PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BELITANG MADANG RAYA

  • Hengki Setiawan Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Rusmiati Rusmiati Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Khafid Ismail Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja

Abstract

Salah satu tolak ukur keberhasilan guru adalah dalam pembelajaran mencapai hasil yang optimal, salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah koopertaif tipe student teams achivment division (STAD) adalah model pembelajaran dalam bentuk kelompok yang memiliki latar belakang kelompok heterogen yang menekankan aktivitas belajar pada siswa agar siswa dapat memiliki komponen  presentasi kelas dan bekerjasama dengan antar teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achivment division (STAD)  Terhadap Hasil Belajar siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya. Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkuantitatif, hasil dari analisis pengolahan data penelitian ada pengaruh positif dan signifikan yakni berdasarkan pengujian hipotesis,  didapat bahwa nilai thitung yang lebih besar darittabel, yaitu 78,22>80,74. Hal tersebut membutikan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achivment division (STAD)  berengaruh terhadap hasil belajar.

 

Keywords: student teams achivment division (STAD), hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rifai, M., & Hardjono, N. (2019). Meta-analisis keefektifan model pembelajaran student team achievement division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 174-181.
Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suparsawan, I. K., & SD, S. P. (2020). Kolaborasi Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran STAD Geliatkan Peserta Didik. TATA AKBAR.
Arikunto.(2013). Prosedur Penelitian. Jakarta. Rinika Cipta.
Aulia Rosyidah.(2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivment Division) Dengan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 14 Semarang.
Ni Wayan Widi Astuti.(2017). Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sukawati.
Noor Anifah.(2014). Pengaruh model pembelajaran student teams achivment division (STAD) dan konvensional terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari minat belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII Mts Negeri Di Kabupaten Kudus.
Nurhayati Poloung.(2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPS Di SMP Negeri 1 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.
Saripudin.(1989). Konsep Dan Masalah Pengajaran Ilmu Sosial Di Sekolah Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono.(2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.
Wibowo. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Datar Pada Siswa Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen.
Published
2021-02-28
How to Cite
Setiawan, H., Rusmiati, R., & Ismail, K. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BELITANG MADANG RAYA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 5(01), 16-23. https://doi.org/10.30599/utility.v5i01.1166