KORELASI BIMBINGAN BELAJAR SEBAGAI ALTERNATIF BELAJAR DI LUAR SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 BELITANG MADANG RAYA
DOI:
https://doi.org/10.30599/utility.v5i02.1165Keywords:
Bimbingan belajar, Prestasi belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara objektif tentang korelasi bimbingan belajar sebagai alternatif belajar di luar sekolah dengan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil analisis pengolahan data penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara bimbingan belajar sebagai alternatif belajar di luar sekolah dengan prestasi peserta didik. Berdasarkan uji hipotesis, uji statistik menggunakan rumus t dan didapat bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, yaitu 11,518 ≥ 1,703. Nilai dari regresi sederhana yaitu Ȳ = 28,625 + 0,664 X. Hal ini berarti semakin baik bimbingan belajar sebagai alternatif belajar di luar sekolah dilaksanakan maka akan semakin meningkat pula prestasi peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Belitang Madang Raya.
Downloads
References
Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.
Sukardi, D. K. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Walgito, B. (2010). Bimbingan dan Konseling . Yogyakarta: Andi Offset.
Kholidah, E. N. (2013). Bimbingan dan Konseling Sosial. Yogyakarta: IKAPI.
Syah, M. (2010). Psikologi Belajar . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Pustaka.
Hamalik, O. (2008). Kurikulum pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.
Azwar, S. (2011). Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.