PENGARUH MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA NEGERI 1 BUAY MADANG

Authors

  • Nova Kurniati Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Siti Afifah Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Khafid Ismail Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja

DOI:

https://doi.org/10.30599/utility.v4i02.1159

Keywords:

Motivasi Ekstrinsik, Hasil Belajar, Ekonomi

Abstract

Ketercapaian hasil belajar secara maksimal merupakan tujuan utama kegiatan pembelajaran yang dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yang salah satunya adalah motivasi ekstrinsik belajar. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Buay Madang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Buay Madang Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 90 peserta didik, sedangkan sampel penelitian berjumlah 29 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes, analisis data menggunakan regresi linier sederhana, uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian: Motivasi ekstrinsik peserta didik pada pembelajaran Ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 1 Buay Madang masuk kategori sedang yaitu dari 29 peserta didik terdapat 22 peserta didik (75,76%) memperoleh skor kategori sedang dengan skor rata-rata angket 73,24. Hasil belajar mata pelajaran Ekonomi peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Buay Madang masuk kategori sedang yaitu dari 29 peserta didik terdapat 25 orang (86,21%) memperoleh nilai kategori sedang dengan nilai rata-rata 77,60. Terdapat pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Buay Madang sebesar 90%, thitung 10,64 sedangkan ttabel 1,70. Oleh karena 10,64 > 1,70, maka H0 ditolak, sedangkan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis, A. L. (2017). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Peserta Didik Kelas X di Smkn 4 Makassar (Doctoral dissertation, PASCASARJANA).

Djamarah, S.B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Furchan, A. (2014). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismaya, A. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Sari, D.P. (2016). Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Muhammadiyah 8 Kisaran. Jurnal Skripsi.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Algesindo.

Sukmadinata, N.S. (2015). Metodologi Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wigarti, A. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Intrinsik dan Motivasi Belajar Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Jurnal Skripsi.

Winarni. (2014). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Semester I Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara Malang.

Downloads

Published

2021-09-12

How to Cite

Kurniati, N., Afifah, S., & Ismail, K. (2021). PENGARUH MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA NEGERI 1 BUAY MADANG. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(02), 57–64. https://doi.org/10.30599/utility.v4i02.1159
Abstract Views: 775 | File Views: 722