PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DENGAN METODE PEER TUTORING DI KELAS VII MTs NURUL HUDA SUKARAJA

  • Rani Martin Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Miftakhur Rohmah Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Dwi Susanti Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perbandingan hasil belajar IPS peserta didik menggunakan metode tanya jawab dengan metode peer tutoring di kelas VII MTs Nurul Huda Sukaraja. Desain dalam penelitian ini menggunakan Quasi exsperimental design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini secara acak melalui pengundian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan pengujian hipotesisnya menggunakan uji z. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I yang  menggunakan metode peer tutoring adalah 80,64 dan nilai rata-rata kelas eksperimen II menggunakan metode tanya jawab adalah 64,20. Terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara peserta didik menggunakan metode tanya jawab dengan peserta didik  menggunakan metode peer tutoring di kelas VII MTs Nurul Huda Sukaraja. Hal itu dapat dilihat dari nilai z hit=56,7 > z tabel = 1,96. Karena z hit 56,7 tidak terletak diantara –Z1/2(1-α) < ± Zhit < Z1/2(1-α) yaitu -1,96 dan + 1,96 maka Ho di tolak sedangkan    Ha diterima.

Keywords: Metode Peer Tutoring,, Metode Tanya Jawab, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Asfar, A. I. T., & Nur, S. (2018). Model pembelajaran problem posing & solving: meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. CV Jejak (Jejak Publisher).
Balqis, P., Ibrahim, N. U., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 2(1).
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 35-50.
Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
SOLATIYAH, S. (2016). EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE TANYA JAWAB PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP 1 KALAENA KEC. KALAENA KAB. LUWU TIMUR (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).
Sutikno, M. Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok : Holistica.
Published
2020-08-28
How to Cite
Martin, R., Rohmah, M., & Susanti, D. (2020). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DENGAN METODE PEER TUTORING DI KELAS VII MTs NURUL HUDA SUKARAJA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(02), 36-45. https://doi.org/10.30599/utility.v4i02.1155