PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTS NURUL HUDA SUKARAJA

  • Gustina Masitoh Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Rusmiati Rusmiati Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Rafika Rahmadani Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Jigsaw terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTs Nurul Huda. Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen dalam bentuk quasi eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah simple random sampling. Pengolahan data menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran data yang diperoleh serta analisis inferensial dengan uji-t.  Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok siswa dengan Metode Jigsaw dan kelompok siswa dengan model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai oleh kelompok siswa dengan Metode Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa dengan model pembelajaran konvensional. Hasil hitungan dari 28 peserta didik kelas eksperimen dan 29 peserta didik kelas kontrol diperoleh bahwa thitung (5.774) > ttabel (1.673). Jadi terdapat pengaruh Metode Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VII MTs Nurul Huda Sukaraja. 

Keywords: Metode Jigsaw, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

DARMADI, D. H., & PD, M. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. An1mage.
Eka Trisianawati, Tono Djudin dan Rendi Setiawan, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vector kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo Tahun ajaran 2015/2016, jurnal.
Fahmi Fathoni, 2015. Pengaruh model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPS di Sekolah Dasar Negeri 11 Pontianak Kota Tahun ajaran 2015/2016, jurnal.
Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran, Depok; PT Rajagrafindo Persada.
Sugiono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian.Bandung : Penerbit Alfabeta.
Suyono & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Published
2020-08-28
How to Cite
Masitoh, G., Rusmiati, R., & Rahmadani, R. (2020). PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTS NURUL HUDA SUKARAJA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(02), 10-16. https://doi.org/10.30599/utility.v4i02.1152