IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

  • Yhadi Firdiansyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nunung Nurlaili Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan solusi metode dalam pembelajaran serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran IPS di MTs Hasyim Asyari Kota batu yang diperoleh ketika guru mengimplementasikan metode diskusi. Metode yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas, yang mana penelitian terdiri dari 2 siklus, dan empat tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama banyak siswa yang mendapat nilaidi bawah dari nilai ketuntasan atau KKM dimana sebanyak 60% siswa yang belum memenuhi nilai kriteria minimal. Sedangkan siswa yang memenuhi nilai ketuntasan yaitu hanya 40 %.Pada siklus ke dua hasil belajar diperoleh sebanyak 86,67 % siswa mampun memperoleh nilai ≥ 70 dan dinyatakan tuntas, sedangkan 13,33 % siswa yang memperoleh nilai < 70 yang artinya terdapat 2 siswa yang masih belum tuntas.

Keywords: Metode diskusi, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah said, A. B. (2015). Strategi mengajar multiple intelligences.kencana prenadamedia group.

Arikunto, S., & Supardi.(2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Daryanto. (2009). Panduan proses pembelajaran kreatif dan inovatif. AV Publisher.

fieka, U. (2019). Peningkatan kualitas pendidikan: Program profesi guru prajabatan dalam pemenuhan kebutuhan guru profesional di indonesia. 10. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v7il.1084

Hamalik, O. (2001). Proses belajar mengajar. PT Bumi Aksara.

Hasibuan.(2006). Proses belajar mengajar.

Prastowo, A. (2011). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian.Ar-ruzz media.

Priyatno, Y. (2013). Pendidikan berperspektif lingkungan menuju pembangunan berkelanjutan.16(1).

Sanjaya. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standart proses pendidikan. kencana.

Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. UNY Press.

Slameto.(2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.PT Rineka Cipta.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2020-08-28
How to Cite
Firdiansyah, Y., & Nurlaili, N. (2020). IMPLEMENTASI METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(02), 01-09. https://doi.org/10.30599/utility.v4i02.1151