Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi Talking Stick Dan Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Belitang Mulya
DOI:
https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.591Keywords:
talking stick, tebak kata, hasil belajar, kolaborasiAbstract
Berdasarkan observasi penelitian awal, proses pembelajaran seperti ini juga terjadi pada mata pelajaran IPA di Madarasah Ibtidaiyah Belitang Mulya. Siswa tidak begitu antusias mengikuti pembelajaran disebabkan guru tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian ini mengetahui efektiftas penerapan model kolaborasi talking stick dan tebak kata terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah. penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen jenis pre-eksperimental design yang dilakukan hanya pada satu kelas saja tanpa adanya kelas pembanding atau disebut dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian data pretest hasil belajar siswa kelas V diperoleh rata-rata 41,5, dan hasil Posttest sesudah menerapkan model pembelajaran kolaboratif Talking Stick dan Tebak kata mempunyai nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah yaitu 50, serta rata-ratanya adalah 70,4. penerapan model pembelajaran kolaboratif talking stick dan tebak kata, dan sesudah penerapan model pembelajaran kolaboratif talking stick dan tebak kata terlihat ada perubahan yang lebih baik dan efektif utuk digunakan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2003). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Droid, Zaky. (2011). Pengertian dan Definisi Belajar. Bandung: Cipta Karya.
Eko, Ras. (2011). Model Pembelajaran Tebak Kata . Http://Raseko.Blogspot.com,
Diakses: 23 April 2019.
Ginnis. (2008). Model-model Pembelajaran. Surabaya: Cipta Karya.
Herdian. (2009). Model Pembelajaran Talking Stick. Http://Herdy07 wordpress.com, Diakses: 23 April 2019.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2008). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman dan Udin S .(2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Bandung : FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Sutikno, M.Sobry. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Tarmizi. (2010). Talking stick. Http://tarmizi.wordpress.com, Diakses: 24 April 2019.
Widodo, Rahmad. (2009). Model Pembelajaran Talking Stick. Http://wywid.wordpress. Com, Diakses: 24 April 2019.