Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Kelas Tinggi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle

Authors

  • Kiki Karlina UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Luthika Tsalitsa Faqih UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nitia Andi Narini UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Heri Hidayat UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Heri Hidayat UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Heny Mulyani

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.583

Keywords:

kualitas hasil belajar, pkn, crossword puzzle.

Abstract

Proses pembelajaran yang menggunakan model, strategi, dan media pembelajaran yang kurang inovatif dan menarik mengakibatkan minat belajar siswa menjadi rendah. Selain itu, siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru. Penelitian ini berjudul Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Kelas Tinggi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe crossword puzzle. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan kualitas hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah dasar kelas tinggi dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle. Tujuan penelitian ini untuk mendapakan gambaran objektif peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kajian pustaka. Peneliti mengkaji dari beberapa penelitian yang bersumber dari artikel lain. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa mudah memahami materi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Learning Match Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII Sekolah Menengah Pertama di Bandar Lampung . Jurnal Unla Bandar Lampung , nd.

Amirul. (2016). Model Pembelaaran Crossword Puzzle Teka-Teki Silang dalam http://fatkhan.web.id/model-pembelajaran-crossword-puzzle-teka-teki-silang/.

Aniza, N. (2018). Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Teka-Teki Silang. jurnal inovasi sekolah dasar , nd.
Cahyo. (2011). Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak. Jogjakarta: Flashbooks.

Davis,dkk, Reviewing for Exams: Do Crossword Puzzles Help in the Success of Student Learning The Journal Of Effective Teaching, Vol.9,No.3,2009).

Dewi, M. N. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan.
Emil, F. (2008). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Pelajaran PKn Terhada Keatifan Belajar Siswa di Kelas VIII MTS Nurul Hilal Senuro Kecamatan Tanjung Batu . Jurnal Unsri, nd.

Indriawati. (2011). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sawahan Juwirig Klaten. Universitas Muhammadiyah Surakarta, nd.

Istifaiyah. (2010). Startegi Pembelajaran Teka-Teki Silang. Jurnal UIN sby, nd.

Jaramillo. (2012). Designing and Solving Crossword Puzzle . Development in Bussines Simulation and Experiential Learning Journal, 39.

Kasmadi dan Sunariah. (2014). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif . Bandung: Alfabeta.

Kumalasari, (2018). Peningkatan hasil belajar PKN melalui strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle. jurnal pendidikan, 71-78.

Marno, S. T. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam . Bandung: PT Prefika Aditama.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mursilah. (nd). Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas XII SMK Nurul Huda Sukaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 37-47.

Nurani, S. (2008). Pendidikan Berprespektif Globalisasi . Jogjakarta : Ar-Ruz Media.

Pranata Danil. (nd). Penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dalam meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan islam peserta didik kelas V MI Al-Muhajirin Bandar Lampung. universitas islam negeri raden intan lampung.

Sudjana. (2001). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Sudjana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soyomukti, N. (2008). Pendidikan Berperspektif Globalisasi . Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Winataputra. (1999). Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pendidikan Demokrasi di Indonesia . Bandung: CICED .

Zainul, A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif . Jogjakarta: Insan Mandiri.

Zaki. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Minat BelajarSiswa Kelas I SDN 7 Kute Panang . Jurnal Tunas Bangsa , nd.

Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif . Jogjakarta: Insan Mandiri.

Downloads

Published

2020-02-05

How to Cite

Karlina, K., Faqih, L. T., Narini, N. A., Hidayat, H., Hidayat, H., & Mulyani, H. (2020). Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Kelas Tinggi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(1), 30–39. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.583
Abstract Views: 2582 | File Views: 2312