Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyahnegeri Belitang II OKU Timur

Authors

  • Welli Meinarni STKIP Nurul Huda
  • Sri Enggar Kencana Dewi STKIP Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v1i2.519

Keywords:

Pembelajaran Tematik-Integratif dengan Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh  pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa melalui pembelajaran tematik-integratif pada mata pelajaran matematika kelas IV di MIN Tanjung Kemuning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen tepatnya desain nonequivalent groups pretest-posttest. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan variabel bebasnya adalah pembelajaran tematik-integratif dengan pendekatan saintifik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelas IV di MIN Tanjung Kemuning dengan jumlah 45 orang. Sampel dalam Penelitian ini diambil menggunakan Sampling jenuh, sampling jenuh adalah mengambil seluruh anggota populasi sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi. Data yang telah diperoleh dari tes hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan Independent Sample t-Test dengan bantuan software SPSS pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05).Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran tematik-integratif dengan pendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiyanto, M. A. K., Waluyo, L., & Mokhtar, A. (2016).Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran di pendidikan dasar di Malang.Proceeding Biology Education Conference, 13 (1), 46 – 51.
Capay, M. & Magdin, M. (2013). Tasks for teaching scientific approach using the black box method. Academic Conferences and Publishing International Limited.Diambil pada tanggal 20 Juli 2018, dari https://www.researchgate.net.
Hajar, I. (2013). Panduan lengkap kurikulum tematik untuk SD/MI. Yogyakarta: Diva Press.
Hamalik, O. (2007). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Helmiati.(2012). Model pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Hosnan, M. (2014).Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21 kunci sukses implementasi kurikulum 2013.Bogor: Ghalia Indonesia.
Jihad, A., & Haris, A. (2010).Evaluasi pembelajaran.Yogayakrta: Multi Pressindo.
Kemendikbud.(2013). Lampiran IV Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.
Komalasari, K. (2013). Pembelajaran kontekstual dan aplikasi.Bandung: Refika Aditama.
Majid, A. (2014). Pembelajaran tematik terpadu.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mednick, F. (2006) Instructional theories.Connection module.Diambil pada tanggal 20 Juli 2018 dari http://enx.org/content/m13291/1.5/
Michael, R. S. (2002). Strategies for educational inquiry: inquiry and scientific methods. Fall 2002-Y520: 5982, page 3
Miller, M. D., Linn, R. L., & Gronlund, N. E. (2009). Measurement and Assesment in Teaching. New Jersey: Pearson Education.
Musfiqon, H. M., & Nurdyansyah.(2015). Pendekatan pembelajaran saintifik.Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational asessment of students(6th ed). Boston: Pearson Education.
Nurdyansyah & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center
Riyanto. 2010. Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka setia
Rusman.(2012). Model-model pembelajaran.Bandung: Rajawali Pers.
Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed). New York: McGraw-Hill Companies.
Slameto.(2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2009). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sukmadinata, N. S. (2009). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2019-08-21

How to Cite

Meinarni, W., & Kencana Dewi, S. E. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyahnegeri Belitang II OKU Timur. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 1(2), 64–70. https://doi.org/10.30599/jemari.v1i2.519
Abstract Views: 1339 | File Views: 1008