Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD/MI

Authors

  • Nasrul Fauzi IAIN SORONG
  • Rusdin Rusdin Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Akmal Akmal IAIN Sorong

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v4i1.1502

Keywords:

Pendidikan, Multikultural, Sekolah Dasar

Abstract

penelitian diperoleh observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik kajian isi (content analysis) dan deskriptif kualitatif bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau ingin mengetahui suatu fenomena tertentu. Teknik ini dilakukan dengan mengidentifikasi data yang diperoleh, diolah kemudian dianalisis secara konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI telah menerapkan pendidikan Multikultural dalam materi pelajaran dengan melakukan penambahan tema atau mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam materi Pendidikan Agama Islam pengajarannya dilakukan dengan cara menyeluruh dan mendalam. Dengan demikian, pendidikan multikultural dalam materi Pendidikan Agama Islam sangat urgen untuk diterapkan. Hal ini untuk mengantisipasi realitas kemajemukan yang ada dalam masyarakat yang majemuk agar dapat membantu mewujudkan perdamaian atau toleransi di tengah-tengah kemajemukan masyarakat di Pulau Papua.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, Kurotul, and Tri Astuti. 2020. “Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Di Sekolah Dasar.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 10 (2): 178–86. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4479.Aras, D. A., Rasyid, M. R., & Umrah, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Sifat-Sifat Terpuji Pada Siswa. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam.
Ambarudin, R. Ibnu. (2016). “Pendidikan Multikultural Untuk Membangun Bangsa Yang Nasionalis Religius.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 13 (1). https://doi.org/10.21831/civics.v13i1.11075.
Azra, Azyumardi (2003). Pendidikan Multikultural; Membangun Kembali Bhineka Tunggal Ika. Jakarta: Tsaqofah.
Baidhawy, Zakiyuddin. (2005). Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta : Erlangga.
Dike, Daniel. 2017. “Pendidikan Multikultural Sekolah Dasar Di Wilayah 3T.” Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar 3 (2): 12. https://doi.org/10.29408/didika.v3i2.681.
Fadhilah, Rusdin, (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Metode Inside Outside Circle, Al-Fikri : Jurnal Pendidikan Islam , Volume 4, No. 1
Kementerian Agama RI, (2014). al-Qur’an dan Terjemahnya “al-Kamil”.Jakarta Timur: CV Darus Sunnah.
Mahfud, Choirul.( 2006). Pendidikan Multikultural.Yogyakarta: pustaka Pelajar.
Murtadho, S. (2019). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Taruna Bakti. Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Mudzhar, M. Atho, ‘Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 4.1 (2017), 5–8 https://doi.org/10.32729/edukasi.v4i1.396
Mustofa, Imam Machali. (2004).Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi; Buah Pikiran Seputar Filsafat, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulkhan, Abdul Munir. (2005).Kesalehan Multikultural; Ber-islam Secara Autentik-Kontekstual di Arus Peradapan Global. Jakarta: Pusat Studi Agama dan Peradapan.
Nana Najmina, Nana. (2018). “Pendidikan Multikultural DalamNajmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52. Https://Doi.Org/10.24114/Jupiis.V10i1.8389 Membentuk Karakter Bangsa Indonesia.” Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 10 (1): 52.
Nur Latifah, Arita Marini, and Arifin Maksum. (2021). “Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka).” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 6 (2): 42–51. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051.
Poerwadarminto, W.J.S. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rosyada, D. (2014). Pendidikan multikultural di Indonesia Sebuah Pandangan Konsepsional. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal,
Retnasari, Lisa, and Muhamad Taufik Hidayat. 2018. “Pendidikan Multikultural Dengan Pendekatan Aditif Di Sekolah Dasar” 28 (1): 16–21.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatf dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Supriana, I Gede Angga., Sukadi., and I Negah. Suastika. (2020). “Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 8 No. 1 (Februari, 2020).” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 8 (1): 35–46. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/23548/14372.

Downloads

Published

2022-04-24

How to Cite

Fauzi, N., Rusdin, R., & Akmal, A. (2022). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD/MI. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(1), 73–79. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i1.1502
Abstract Views: 985 | File Views: 814