Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal tehadap Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD N Karang Tengah Kec. Buay Madang Timur

  • Sukron Hidayat STIT Misbahul Ulum Gumawang
  • Sri Enggar Kencana Dewi STKIP NRUL HUDA
  • Wahyuni Wahyuni STKIP Nurul Huda Sukaraja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal pada siswa kelas IV SD Negeri Karang Tengah, mengetahui motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran tipe berkirim salam dan soal, dan mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Tipe Berkirim Salam dan Soal Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Karang Tengah. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental Desagns (nondesigns) yang digunakan adalah one-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik kuesioner (Angket) dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dengan hasil angket model pembelajaran berkirim salam dan soal berada pada kriteria sedang (54%), Rata-rata nilai pretest motivasi belajar matematika yaitu 66,20 dan nilai rata-rata posttest motivasi belajar matematika yaitu 72,70. Hasil uji regresi linear sederhana menghasilkan nilai F hitung 30.321 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, artinya ada pengaruh model pembelajaran berkirim salam dan soal terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Karang Tengah.

Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Motivasi Belajar, Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Huda, Miftahul. 2019. Coopertive Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie, Anita. 2011. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia.
Sugiyanto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pressindo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taniredja, Tukiran. dkk. 2013. Model-model Pembelajaan Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Renika Cipta.
Reffaine, fine dan Dian Ratna Sari. 2014. Metode Pembelajaran Berkirim Salam Dan Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Negeriku Kelas IV SDN 6 Suwawal. Jurnal malih peddas, 4(1). Online : http://joural.upgris.ac.id/inde.php/malihpeddas/article/view/532
Widayanti, Roro Sri. dkk 2014. Penggunaan Teknik Berkirim Salam dan Soal dalam Peningkatan Pembelajaran IPS di Kelas V SDN Mulyosri. Jurnal pgsdkebumen, 6(1). 2014. Online: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/3875
Pampo, M. M. S., & Wahyuningsih, F. (2017). Penerapan Teknik Berkirim Salam Dan Soal Untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI MIPA I SMAN 3 Sidoarjo. Laterne, VI(1).
Susilowati, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam Dan Soal ( Studi Kasus Pada Kelas XI IPS 3 SMA NEGERI 1 CEPIRING Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016). Majalah Ilmiah Inspiratif, 2(3).
Baeti, N., & Mikrayanti. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. JIME, 4(2).
Anggresta, V., & Vhalery, R. (2021). Perbedaan Keterampilan Komunikasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Dengan Berkirim Salam Dan Soal. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 11(2), 199-210.
Published
2022-03-28
How to Cite
Hidayat, S., Dewi, S. E., & Wahyuni, W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal tehadap Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD N Karang Tengah Kec. Buay Madang Timur. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(1), 27-33. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i1.1471