Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas V MI Nurussalam Sidogede

  • Rafika Isabela STIT Misbahul Ulum
  • Tri Rahayu STIT Misbahul Ulum
  • Akhsanul Huda STIT Misbahul Ulum

Abstract

Media pembelajaran flash card adalah media pembelajaran visual yang berbentuk kartu yang berisi gambar atau tulisan yang bisa mengarahkan peserta didik tentang materi yang dipelajari, sehingga dapat mempercepat pemahaman dan dapat memperkuat ingatan peserta didik. Sedangkan menghafal merupakan proses mental untuk menyimpan dalam memori untuk di ingat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dan sampelnya adalah siswa kelas V di MI Nurussalam Sido Gede dengan jumlah siswa 30 orang siswa.

Sementara itu hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan menghafal kosa kata bahasa arab dengan diperoleh rxy sebesar 0,570, yang selanjutnya dikonsultasikan dengan “r” product moment,dengan terlebih dahulu mencari df-nya, yaitu” df= N =nr” df = 30-2=28. Pada df 28 diketahui harga r pada tarap signifikan 5% atau taraf kepercayaan 99%, diperoleh harga kritik r atau r tabel = 0,361. Sementara harga r pada tarap signifikan 1% atau taraf kepercayaan 99%, diperoleh harga r atau r tabel = 0,463. Dengan demikian, harga rxy yang diperoleh jauh lebih besar dari pada harga kritik atau = 0,361< 0,570 > 0,463 maka dengan demikian berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Keywords: media flash card, kemampuan menghafal, bahasa arab

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: PT Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Fathoni, Abdurrahmat, 2011. Metode Penelitian, Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: Rineka Cipta
Muallifah, Ilun, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik Edisi Pertama. Learning Assistance Program for Islamic Schools PGMI,
Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: Penerbit Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2022-03-24
How to Cite
Isabela, R., Rahayu, T., & Huda, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas V MI Nurussalam Sidogede. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(1), 12-26. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i1.1458