Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Anak Berkebutuhan Khusus Kelas 1 Di Sdi Yapita Surabaya

Authors

  • Yuyun Fitrianti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Adheari Sya’ban Nugrohaji Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Chasnah Nailah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Eka Nur Anisa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Midayati Afifa
  • Reni Wulandari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Uswatun Chasanah UIN Ampel

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v4i1.1355

Keywords:

Pembelajaran, tematik terpadu, ABK

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu pada Anak Berkebutuhan Khusus Kelas 1 di SDI Yapita Surabaya. Pembelajaran sendiri merupakan arti dari kata learning. Yang mana pembelajaran berdasarkan makna leksikal berarti sebuah proses, cara serta perbuatan mempelajari. Dalam hal ini, pembelajaran tematik memberikan cara yang paling lengkap bagi siswa untuk mengembangkan pengetahuan mereka dengan menjawab pertanyaan mereka dan memuaskan rasa ingin tahu mereka dengan mencari di dunia sekitar mereka. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Yang mana hasil penelitian ini berbentuk deskriptif berupa pernyataan-pernyataan yang sesuai dengan realita atau keadaan yang sebenarnya.di kelas 1 SDI Yapita Surabaya, yang membuahkan hasil bahwa dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu di sekolah tersebut dilakukan dengan mengacu pada kurikulum 2013 berbasis kompetensi. Sehingga dalam hal ini, pelaksanaan pembelajaran di SDI Yapita Surabaya baik pembelajaran bagi siswa normal maupun ABK sama-sama menggunakan pendekatan tematik integratif mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Articles in Journal :
Aprianti, S. (2018). Implementasi pembelajaran Tematik Integratif untuk anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Inklusi: Studi Kasus Di SD Muhammadiyah 4 Kota Batu. http://etheses.uin-malang.ac.id/12137/
Fachri. (2020). Perencanaan Pengajaran dalam Pembelajaran. Kemenag.Go.Id.
Lestari, S. (2013). Efektifitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Banguntapan Tahun Ajaran 2012/2013.
Mukaffa, Z. (2017). Pembelajaran Tematik. 6.
Sohibat, E. (2006). Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 1999(December), 1–6.
Utami, A. D. (2013). Menentukan Tema Langkah Penentuan Tema Langkah Penentuan Tema. 123dok.Com.
Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sd. Edcomtech, 1(2), 129–136. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1799 Books
Sukmadinata, S. . (2005). Metode Penelitian. PT Remaja Rosdakarya.
Electronic Sources (Web Publications)
Fachri. (2020). Perencanaan Pengajaran dalam Pembelajaran. Kemenag.Go.Id.
Utami, A. D. (2013). Menentukan Tema Langkah Penentuan Tema Langkah Penentuan Tema. 123dok.Com.

Downloads

Published

2022-04-23

How to Cite

Fitrianti, Y., Nugrohaji, A. S., Nailah, C., Anisa, E. N., Afifa, M., Wulandari, R., & Chasanah, U. (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Anak Berkebutuhan Khusus Kelas 1 Di Sdi Yapita Surabaya. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(1), 44–52. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i1.1355
Abstract Views: 539 | File Views: 436