https://journal.unha.ac.id/index.php/JTI/issue/feed Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences 2022-02-28T08:08:01+00:00 Titian Ilmu: jti@stkipnurulhuda.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences</strong> merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Nurul Huda.&nbsp;<strong>Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences</strong>&nbsp;berfokus tentang&nbsp;<strong>KEPENDIDIKAN DAN MULTI SCIENCE. </strong>Jurnal ini mempunyai nomor&nbsp;<strong>E-ISSN 2581-1452</strong>&nbsp;dan&nbsp;<strong>P-ISSN 2087-4839,&nbsp;</strong>bersifat <em>Open Acces</em> dan dapat diunduh secara gratis.&nbsp;<strong>Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences </strong>telah<strong> terakeditasi </strong>Kemenristekdikti dengan SK No. 30/E/KPT/2018</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Indexing by:</strong> DOAJ,<strong>&nbsp;</strong>Google Scholar,&nbsp;OneSearch, PKP|Index, Moraref, Neliti, Base,&nbsp;DRJI, WorldCat, Garuda, Portal Garuda, dll.</p> https://journal.unha.ac.id/index.php/JTI/article/view/1294 Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Simulator HPLC untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analitis Mahasiswa 2022-02-28T08:08:00+00:00 Indah Karina Yulina ikyuchem@student.upi.edu Anna Permanasari ikyuchem@student.upi.edu Hernani Hernani ikyuchem@student.upi.edu Wawan Setiawan ikyuchem@student.upi.edu <p>Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif dengan memanfaatkan&nbsp; simulator HPLC&nbsp; untuk melatih keterampilan berpikir analitis mahasiswa yang akan mendukung aktivitas praktikum dry lab menjadi lebih bermakna. Metode penelitian adalah penelitian pengembangan dengan desain model 4-D, yaitu <em>define, design, develop</em>, dan <em>disseminate</em>. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mencakup instrumen tes dan non tes berupa angket kepuasan mahasiswa dan observasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan MMI berbantuan simulator HPLC secara akademis membantu mahasiswa dalam meningkatkan motivasi dan minat mahasiswa mempelajari materi HPLC. Sejalan dengan itu, belajar dengan simulator HPLC dapat mengembangkan keterampilan berpikir analitik pada aspek <em>matching</em> dan <em>classifying</em>, <em>analysis error, generalizing</em>, dan <em>specifying</em>.</p> 2022-02-28T07:16:13+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unha.ac.id/index.php/JTI/article/view/1173 Pola Overconfidence Siswa Dalam Pembelajaran Biologi SMK Nusaputera 2 Semarang 2022-02-28T08:08:00+00:00 Kiki Chinka Dewi kikichinka123@gmail.com Fenny Roshayanti fennyroshayanti@gmail.com <p><em>Overconfidence</em> adalah orang yang memiliki sikap melebih-lebihkan kemampuan yang dimilikinya. Sikap terlalu percaya diri dapat berdampak buruk pada siswa yaitu mampu mengambil keputusan yang salah, ambisius dan egoisme yang tinggi, serta hasil belajar yang rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pola <em>overconfidence </em>di SMK Nusaputera 2 Semarang diharapkan apabila hasil penelitian menunjukkan siswa berperilaku <em>overconfidence</em> hal tersebut dapat dicegah dan diperbaiki. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Nusaputera 2 Semarang yang berjumlah 105 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik <em>Proportionate Random Sampling</em> dimana setiap populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel penelitian. Ukuran sampel penelitian ini ditentukan oleh rumus Slavin dari 83 siswa. Lembar soal tes <em>overconfidence </em>dianalisis dengan perhitungan Rasch melalui aplikasi Winstep. Hasil penelitian menunjukkan nilai <em>overconfidence</em> dalam kategori tinggi yaitu 78,31. Nilai perbandingan menggunakan uji korelasi dengan SPSS antara nilai rata-rata terlalu percaya diri dengan nilai rata-rata harian siswa menunjukkan -0,638. Penelitian lebih lanjut mengenai sikap <em>overconfidence</em> siswa dapat dilakukan di sekolah lain agar dapat membandingkan sikap <em>overconfidence</em> siswa antar sekolah SMK atau SMA negeri maupun swasta</p> 2022-02-28T07:35:49+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unha.ac.id/index.php/JTI/article/view/1185 Kelimpahan Mikroplastik Pada Organ Pencernaan Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus) di Waduk Malahayu Kabupaten Brebes 2022-02-28T08:08:00+00:00 Atip Nurwahyunani atipnurwahyunan@upgris.ac.id Reni Rakhmawati rahmamashuri@yahoo.co.id Cucianingsih Cucianingsih atipnurwahyunan@upgris.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui kelimpahan mikroplastik pada Ikan Mujair <em>(Oreochromiss mossambicus). </em>Sampel yang digunakan sebanyak 15 ekor diambil secara Random Sampling dari pedagang ikan di kawasan Waduk Malahayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.&nbsp; Ikan Mujair <em>(Oreochromiss mossambicus)</em> diambil organ pencernaannya berupa usus dan lambung untuk diektraksi menggunakan larutan KOH 10% selama 24 jam di dalam waterbath dengan suhu 60 ºС. Sampel kemudian disaring memakai saringan nilon dan diamati dengan mikroskop binokuler. Hasil penelitian menemukan terdapat kandungan PSM (<em>Particle Suspected as Microplastic</em>) pada setiap sampel organ pencernaan Ikan Mujair <em>(Oreochromiss mossambicus). </em>Kelimpahan tertinggi terdapat pada sampel dengan kode M11 sebanyak 7,2 partikel/gram sedangkan kelimpahan terendah pada sampel dengan kode M2 sebanyak 0,5 partikel/gram. Tipe PSM&nbsp; yang ditemukan yaitu 72% fiber, 17% fragmen, dan 11% film. Sumber utama pencemaran PSM berasal dari limbah kegiatan perikanan, pariwisata, dan sampah domestik yang bermuara di Waduk Malahayu.</p> 2022-02-28T06:53:53+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unha.ac.id/index.php/JTI/article/view/1181 Pengaruh Penggunaan Daun Inai (Lawsonia inermis L.) Dan Kopi Gula Terhadap Hasil Uji Organoleptik Kutek Alami 2022-02-28T08:08:00+00:00 Achmad Ali Fikri fikri@iainkudus.ac.id Istia Nur Hayati hayatiistia@gmail.com <p>Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan daun inai dan kopi gula terhadap hasil uji organoleptik kutek alami meliputi kekentalan, warna dan tingkat kesukaan panelis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperiment sungguhan. Variabel bebasnya yaitu jumlah daun inai dan ekstrak kopi gula menggunakan 3 perbandingan berbeda, X1= 5 gram daun inai 5 ml kopi gula, X2= 6 gram daun inai 10 ml kopi gula serta X3= 7 gram daun inai dan 10 ml kopi gula. Variabel terikatnya yaitu sifat organoleptik yang terdapat pada percobaan. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan <em>Google Form</em> sebanyak 14 panelis. Analisis data menggunakan anova tunggal. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara variabel bebas dan terikat ditinjau dari kekentalan dengan nilai F hitung sebesar 19,46, warna sebesar 19,22, tingkat kesukaan panelis sebesar 20,44 yang ketiganya menggunakan nilai signifikan &lt;0,05. Dari hasil penelitian disimpulkan perbandingan X1, X2, X3 secara keseluruhan memiliki perbedaan ditinjau dari semua aspek.</p> 2022-02-28T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unha.ac.id/index.php/JTI/article/view/1464 Keefektifan Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Fisika di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring) 2022-02-28T08:08:01+00:00 Effendi Effendi Effendi@unha.ac.id Arini Rosa Sinensis arini@stkipnurulhuda.ac.id Widayanti Widayanti Effendi@unha.ac.id Thoha Firdaus Thoha@unha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Kefektifan Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Pembelajaran Fisika. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan metode komparasi dengan membandingkan Hasil belajar mata kuliah Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Fisika (DDPF) sebelum pandemic Covid-19 (luring) dengan hasil belajar mata kuliah DDPF selama pandemic Covid-19 (daring). Subjek dalam penelitian ini adalah 23 mahasiswa program studi Pendidikan Fisika semester 4. Analisis ini menggunakan uji Paired Sample t-Test. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata nilai mahasiswa dalam pembelajaran luring lebih besar dari pembelajaran daring (84,5 &gt; 82,6) dan hasilnilai signifikansinya adalah 0.000 atau sig. (2-tailed) &lt; 0.05, sehingga H<sub>0</sub> ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan signifikan hasil UAS Mata Kuliah Dasar Proses Pembelajaran Fisika pada pembelajaran luring dan daring. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Luring lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran daring</p> 2022-02-28T07:49:38+00:00 ##submission.copyrightStatement##