Pengaruh Locus Of Control Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik

Authors

  • Resti Septikasari STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Tri Ratna Dewi STKIP Nurul Huda
  • Ahmad Taufiq Yuliantoro STKIP Nurul Huda
  • Sri Enggar Kencana Dewi STKIP Nurul Huda
  • Ratih Purnama Pertiwi STKIP Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v13i2.941

Keywords:

Belajar, Locus Of Control, dan Prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh locus of control terhadap prestasi belajar. Metode yang digunakan adalah metode survey yang bersifat asosiatif. Hasilnya adalah jumlah skor variabel locus of control yang diperoleh melalui pengumpulan data  sebesar 830. Jumlah skor ideal sebesar 924. Locus of control peserta didik yang ditampilkan adalah 830:924=  0,89= 89%. Jadi nilai locus of control peserta didik = 89%. Prestasi belajarnya setelah dihitung dapat ditemukan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar yang diperoleh melalui pengumpulan data  sebesar 1.626. Jumlah skor ideal sebesar 2.100. Prestasi belajar yang ditampilkan adalah 1.626:2.100=  0,77= 77%. Jadi nilai locus of control peserta didik = 77%. Adapun pengaruh keduanya adalah dengan analisis regresi linier sederhana dengan melihat nilai sig 0.025 < 0.05 yang artinya bahwa ada pengaruh antara locus of control terhadap prestasi belajar di SDN Karang Jadi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antoni, F., Yendi, F. M., & Taufik, T. (2019). Peningkatan Locus of Control dalam Mereduksi Prokrastinasi
Akademik Mahasiswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(2), 29.
https://doi.org/10.23916/08399011
Dwijayanti, R. (2018). Determinant Factors of Students Entrepreneurship Intention. Econosains Jurnal Online
Ekonomi Dan Pendidikan, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/econosains.0161.01
Faturrahman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Teras.
Firdianti, A. (2018). Implementasi Menejemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gre
Publishing.
Hastuti, W., & Farid, M. (2015). Motivasi Kerja,Internal Locus Of Controldan Kepuasan Kerja Pada Karyawan
BagianMarketing Dan Supporting di PT X Cabang Surabaya. Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02).
https://doi.org/https://doi.org/10.30996/persona.v4i02.561
Machali, I. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif: Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, dan Analisis
dalam Penelitian Kuantitatif. Prodi Manajemen Pendidikan Islam.
Maesaroh, S., & Saraswati, S. (2020). Prediksi Locus of Control Internal Dan Kecerdasan Emosi Dengan
Kematangan Karir. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 90.
https://doi.org/10.22373/je.v6i1.6332
Malik, A., & Afandi, M. (2020). Peningkatan Disiplin Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model
Pembelajaran Quantum Teaching Kelas Vii Mts Nu Al Ishlah Binabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1),
60. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67
Nurfaizin, N. (2019). Uji Validitas Konstruk Self Control Terhadap Prokrastinasi Akademik Dengan Metode
Confirmatory Factor Analysis (CFA). Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 7(1),
41–48. https://doi.org/10.15408/jp3i.v7i1.12107
Olaoye, O. T., & Olaoye, D. D. (2018). Assessment of Self-esteem, Locus of Control and Achievement Motivation
of Female Students in Kwara State Colleges of Education, Nigeria. Educational Process: International
Journal, 7(3), 209–221. https://doi.org/10.22521/edupij.2018.73.5
Ramezani, S. G., & Gholtash, A. (2015). The relationship between happiness , self ‑ control and locus of control.
1(2). https://doi.org/10.4103/2395-2296.152222
Rasheed-Karim, W. (2020). The Effect of Stressful Factors, Locus of Control and Age on Emotional Labour and
Burnout among Further and Adult Education Teachers in the U.K. International Journal of Emerging
Technologies in Learning, 15(24), 26–37. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i24.19305
Rinn, A. N., Boazman, J., Jackson, A., & Barrio, B. (2014). Locus of control , academic self-concept , and academic
dishonesty among high ability college students. 14(4), 88–114. https://doi.org/10.14434/josotl.v14i4.12770
Rusman, R. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pairs Share
(TPS). PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 3(1), 67. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.58
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Ke-1). Alfabeta.
Sujadi, E., Yusuf, A. M., & Marjohan, M. (2016). Hubungan antara Locus Of Control dan Efektivitas Komunikasi
antar Pribadi dengan Problem Focused Coping. Konselor, 5(1), 24. https://doi.org/10.24036/02016516490-0-00

Downloads

Published

2021-10-29

How to Cite

Septikasari, R., Dewi, T. R., Yuliantoro, A. T., Dewi, S. E. K., & Pertiwi, R. P. (2021). Pengaruh Locus Of Control Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 13(2), 27–33. https://doi.org/10.30599/jti.v13i2.941
Abstract Views: 1264 | File Views: 919