Perbandingan Bentuk Tes Pilihan Ganda dan Teknik Penskoran Terhadap Reliabilitas Tes Mata Pelajaran Kimia

Authors

  • Eva Ariyanti STAI Al Aqidah Al Hasyimiyyah
  • Yoga Budi Bhakti universitas indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v12i2.627

Keywords:

bentuk tes pilihan ganda, teknik penskoran, uji reliabilitas kimia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan koefisien reliabilitas tes kimia antara pilihan ganda biasa dan pilihan ganda asosiasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental. Penelitian Hyphothesis diuji menggunakan analisis varians (ANAVA) satu cara. Penelitian ini dilakukan di empat sekolah. Sampel dari penelitian ini adalah 120 siswa yang dipilih secara acak replikasi. Penelitian menyimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan koefisien reliabilitas tes kimia antara pilihan ganda bentuk tes dan metode penilaian, (2) koefisien reliabilitas tes kimia Asosiasi beberapa pilihan bentuk dengan berat metode penilaian lebih tinggi daripada koefisien reliabilitas bentuk beberapa pilihan biasa dengan metode penilaian yang benar, (3) koefisien reliabilitas tes kimia Asosiasi beberapa pilihan bentuk dengan metode penilaian yang benar lebih rendah dari Koefisien reliabilitas bentuk pilihan ganda biasa dengan metode penilaian bobot, (4) koefisien reliabilitas uji kimia Asosiasi bentuk pilihan ganda dengan metode penilaian yang benar lebih tinggi dari kehandalan koefisien bentuk beberapa pilihan biasa dengan metode penilaian yang benar, dan (5) koefisien reliabilitas uji kimia pilihan bentuk ganda biasa dengan metode penilaian bobot lebih tinggi dari koefisien reliabilitas bentuk beberapa pilihan biasa dengan metode penilaian yang benar. Berdasarkan hasil penelitian, menggunakan pilihan multi pilihan tes diselesaikan dengan metode scoring, dapat meningkatkan akurasi hasil dan dapat diandalkan. Akhirnya, ia memiliki implikasi positif pengembangan sistem evaluasi peningkatan, baik untuk evaluasi formatif atau summatif evaluasi.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahiri, J. (2018). Keefektifan Bimbingan Tes Dalam Mengatasi Ketimpangan Skor Tes Akuntansi Ditinjau Dari Kecemasan Siswa. Jurnal Teknodik, 21(3), 140-163.

Azwar, S. (2007). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bhakti, Y. B. (2015). Pengaruh Jumlah Alternatif Jawaban dan Teknik Penskoran Terhadap Reliabilitas Tes. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Crocker, L., & Algina, J. (1986). Introduction to Classical and Modern Test Theory. Florida: Holt, Rinehart, and Winston, Inc.

Djaali dan Pudji Muljono. (2004). Pengukuran dalam Pendidikan. Jakarta: PPs UNJ.

Masidjo, Ign. (1996). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Jakarta: Kanisius.

Moeis, Syarif. (2006). “Pengaruh Bentuk Tes Objektif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pendidikan Sejarah Ditinjau dari Sikap Siswa.” Percikan Iman. Vol.70, pp. 31-38.

Mulyana, et al. (2004). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Lembaga Akta Mengajar UNJ.

Muslich, Masnur. (2010). Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.

Musliha, M. (2019). Analisis butir soal tes objektif bentuk multiple choice buatan guru penilaian akhir semester I mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti (PAI & BP) kelas X tahun pelajaran 2018/2019 di SMA N 2 Pemalang dan SMA PGRI 1 Taman Pemalang (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Naga, Dali. S. (2009). 64 Rumus Terapan Probabilitas dan Sekor pada Hipotesis Statistika. Jakarta: Grasindo.

Ndalichako, Joyce L. dan W. Todd Rogers. (1997). "Comparison of Finite State Score Theory, Classical Test Theory, and Item Response Theory in Scoring Multiple-Choice Items." Educational and Psychological Measurement. Vol. 57 (4), pp. 580-589.

Sarea, M. S., & Ruslan, R. (2019). Karakteristik Butir Soal: Classical Test Theory Vs Item Response Theory?. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1-16.

Surapranata, S. (2005). Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Rosdakarya.

Surapranata. S. (2007). Panduan Penulisan Tes Tertulis Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syukur, F. (2008). Teknologi Pendidikan. Semarang: RaSAIL Media Group.

Widoyoko, S. E. P. (2019, March). Penilaian Pembelajaran Berbasis Hots untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 01).

Wiersma, William dan Stephen G. Jurs. (1990). Educational Measurement and Testing. New York: The University Teledo Allyn and Bacon.

Downloads

Published

2020-09-09

How to Cite

Ariyanti, E., & Bhakti, Y. B. (2020). Perbandingan Bentuk Tes Pilihan Ganda dan Teknik Penskoran Terhadap Reliabilitas Tes Mata Pelajaran Kimia. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 12(2), 66–76. https://doi.org/10.30599/jti.v12i2.627
Abstract Views: 3031 | File Views: 3567