Keefektifan Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Fisika di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring)

Authors

  • Effendi Effendi Universitas Nurul Huda
  • Arini Rosa Sinensis Universitas Nurul Huda
  • Widayanti Widayanti Universitas Nurul Huda
  • Thoha Firdaus Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v14i1.1464

Keywords:

Studi Komparasi, Pembelajaran Daring, dan Pembelajaran Luring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Kefektifan Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Pembelajaran Fisika. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan metode komparasi dengan membandingkan Hasil belajar mata kuliah Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Fisika (DDPF) sebelum pandemic Covid-19 (luring) dengan hasil belajar mata kuliah DDPF selama pandemic Covid-19 (daring). Subjek dalam penelitian ini adalah 23 mahasiswa program studi Pendidikan Fisika semester 4. Analisis ini menggunakan uji Paired Sample t-Test. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata nilai mahasiswa dalam pembelajaran luring lebih besar dari pembelajaran daring (84,5 > 82,6) dan hasilnilai signifikansinya adalah 0.000 atau sig. (2-tailed) < 0.05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan signifikan hasil UAS Mata Kuliah Dasar Proses Pembelajaran Fisika pada pembelajaran luring dan daring. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Luring lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran daring

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The impact of covid-19 to indonesian education and its relation to the philosophy of “merdeka belajar”. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38-49.

Bao, W. (2020). COVID‐19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University. Human behavior and emerging technologies, 2(2), 113-115.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to online education in schools during a SARS-CoV-2 coronavirus (COVID-19) pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4).

Fatimah, A. S., & Santiana, S. (2017). Teaching in 21st century: Students-teachers’ perceptions of technology use in the classroom. Script Journal: Journal of Linguistic and English Teaching, 2(2), 125.

Firdaus, T., & Sinensis, A. R. (2017). Keterampilan Dasar Kinerja Ilmiah Pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 102-110.
Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Zarah, 8(2), 56-61.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.

Kumar, V., & Nanda, P. (2019). Social media in higher education: A framework for continuous engagement. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 15(1), 97-108.

Murfi, A., Fathurrochman, I., Atika, A., & Jannana, N. S. (2020). Kepemimpinan sekolah dalam situasi krisis Covid-19 di Indonesia. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 119-136.

Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1-12.

Obiakor, T., & Adeniran, A. P. (2020). Covid-19: Impending Situation Threatens To Deepen Nigeria's Education Crisis.

Purwanto, A., Asbari, M., Fahlevi, M., Mufid, A., Agistiawati, E., Cahyono, Y., & Suryani, P. (2020). Impact of work from home (WFH) on Indonesian teachers performance during the Covid-19 pandemic: An exploratory study. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 6235-6244.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sun, P., Lu, X., Xu, C., Sun, W., & Pan, B. (2020). Understanding of COVID‐19 based on current evidence. Journal of medical virology, 92(6), 548-551.

Syarifuddin, S., Basri, H., Ilham, M., & Fauziah, A. F. (2021). Efektifitas Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Matematika ditengah Pandemi Covid-19. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 1-8.

Verawardina, U., Asnur, L., Lubis, A. L., Hendriyani, Y., Ramadhani, D., Dewi, I. P., ... & Sriwahyuni, T. (2020). Reviewing online learning facing the Covid-19 outbreak. Journal of Talent Development and Excellence, 12(3s), 385-392.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas perkuliahan daring (online) pada mahasiswa pgsd di saat pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169-177.

Zhang, W., Wang, Y., Yang, L., & Wang, C. (2020). Suspending classes without stopping learning: China’s education emergency management policy in the COVID-19 outbreak. Journal of Risk and financial management, 13(3), 55.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Effendi, E., Sinensis, A. R., Widayanti, W., & Firdaus, T. (2022). Keefektifan Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Fisika di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring). Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 14(1), 31–35. https://doi.org/10.30599/jti.v14i1.1464
Abstract Views: 647 | File Views: 629