Pola Overconfidence Siswa Dalam Pembelajaran Biologi SMK Nusaputera 2 Semarang

Abstract

Overconfidence adalah orang yang memiliki sikap melebih-lebihkan kemampuan yang dimilikinya. Sikap terlalu percaya diri dapat berdampak buruk pada siswa yaitu mampu mengambil keputusan yang salah, ambisius dan egoisme yang tinggi, serta hasil belajar yang rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pola overconfidence di SMK Nusaputera 2 Semarang diharapkan apabila hasil penelitian menunjukkan siswa berperilaku overconfidence hal tersebut dapat dicegah dan diperbaiki. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Nusaputera 2 Semarang yang berjumlah 105 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Random Sampling dimana setiap populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel penelitian. Ukuran sampel penelitian ini ditentukan oleh rumus Slavin dari 83 siswa. Lembar soal tes overconfidence dianalisis dengan perhitungan Rasch melalui aplikasi Winstep. Hasil penelitian menunjukkan nilai overconfidence dalam kategori tinggi yaitu 78,31. Nilai perbandingan menggunakan uji korelasi dengan SPSS antara nilai rata-rata terlalu percaya diri dengan nilai rata-rata harian siswa menunjukkan -0,638. Penelitian lebih lanjut mengenai sikap overconfidence siswa dapat dilakukan di sekolah lain agar dapat membandingkan sikap overconfidence siswa antar sekolah SMK atau SMA negeri maupun swasta

Keywords: pola, overconfidence, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antika, B. R. (2013). Studi Pengembangan Diri (Bakat Minat) Pada Siswa Komunitas Sastra di Sekolah Alternatif Qoryah Thoyyibah Salatiga (Studi Kasus Pada Siswa Komunitas Sastra di Sekolah Alternatif Qoryah Thoyyibah) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Anton, A., & Safitri, E. (2014). Hal-1 Analisis Hubungan Return Dan Risiko Saham Dengan Menggunakan Metode Capital Asset Pricing Model (Capm) Pada Jakarta Islamic Index (JII).

Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aziziyah, D. A. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Antara Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Power Point Interaktif Pada Pembelajaran Fisika Kelas X Di SMK Negeri 4 Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Batubara, A. (2016). Pengaruh Overconfidence dan Risk Tolerance Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi (Doctoral Dissertation, STIE Perbanas Surabaya).

Berner, E. S., & Graber, M. L. (2008). Overconfidence as a cause of diagnostic error in medicine. The American journal of medicine, 121(5), S2-S23.

Bruin, E. J., van Run, C., Staaks, J., & Meijer, A. M. (2017). Effects of sleep manipulation on cognitive functioning of adolescents: A systematic review. Sleep medicine reviews, 32, 45-57.

Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243-255.

Fauziah, R., Maya, R., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 881-88.

Ferretti, V., Guney, S., Montibeller, G., & von Winterfeldt, D. (2016, January). Testing Best Practices To Reduce The Overconfidence Bias In Multi-Criteria Decision Analysis. In 2016 49th Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS) (pp. 1547-1555). IEEE.

Foster, N. L., Was, C. A., Dunlosky, J., & Isaacson, R. M. (2017). Even after thirteen class exams, students are still overconfident: the role of memory for past exam performance in student predictions. Metacognition and Learning, 12(1), 1-19.

Gutierrez, C., Åstebro, T., & Obloj, T. (2020). The impact of overconfidence and ambiguity attitude on market entry. Organization Science, 31(2), 308-329.

Händel, M., & Fritzsche, E. S. (2015). Students’ confidence in their performance judgements: A comparison of different response scales. Educational Psychology, 35(3), 377-395.

Hutami, C. W & Investasi, K. 2018. Pengaruh Literasi Keuangan, Overconfidence, dan Persepsi Risiko Terhadap Pengambilan.

Kartika, N., & Iramani, R. (2013). Pengaruh overconfidence, experience, emotion terhadap risk perception dan risk attitude pada investor pasar modal di Surabaya. Journal of Business and Banking, 3(2), 177-188.

Kelemen, W. L., Winningham, R. G., & Weaver III, C. A. (2007). Repeated testing sessions and scholastic aptitude in college students’ metacognitive accuracy. European Journal of Cognitive Psychology, 19(4-5), 689-717.

Koku, P. S., & Qureshi, A. A. (2004). Overconfidence and the performance of business students on examinations. Journal of Education for Business, 79(4), 217-224.

Köszegi, B. (2006). Ego utility, overconfidence, and task choice. Journal of the European Economic Association, 4(4), 673-707.

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.

Lestari, D. P., & Faisal, F. (2019). Hubungan Managerial Overconfidence, Kepemilikan Pemerintah Dan Keputusan Pembiayaan Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(2), 72-86.

Mahtari, S., Misbah, M., & Suryati, S. (2019). Analysis of the Ability of High School Students in Solving Science Literacy Questions Based on The Rasch Model. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 2(1), 11-16.

Mishra, K. C., & Metilda, M. J. (2015). A study on the impact of investment experience, gender, and level of education on overconfidence and self-attribution bias. IIMB Management Review, 27(4), 228-239.

Navy, A. (2014). Manajemen Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sains (Studi Kasus Di Pratomseksa (SD) Sassanasuksa Thailand). Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(4), 388-395.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128-135.

Paramastri, I., & Priyanto, M. A. (2010). Early Prevention Toward Sexual Abuse on Children. Jurnal Psikologi, 37(1), 1-12.

Paramita, R. S., & Isbanah, Y. (2018). Bias Kognitif Dan Kepribadian Individu: Studi Perilaku Investor Muda di Surabaya. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI)| Vol, 9(2).

Rusmana, A. N., Roshayanti, F., & Ha, M. (2020). Debiasing Overconfidence among Indonesian Undergraduate Students in the Biology Classroom: An Intervention Study of the KAAR Model. Asia-Pacific Science Education, 1(aop), 1-27.

Sugiyono, M. (2015). penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tsuji, Y., Mahardika, A., & Matsuda, Y. (2017). Evolutionarily distinct strategies for the acquisition of inorganic carbon from seawater in marine diatoms. Journal of experimental botany, 68(14), 3949-3958.

W., & UGM, F. P. (2010). Catatan pada uji linieritas hubungan. Manuskrip tidak dipublikasikan. Diunduh dari http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/widhiarso_2010_uji_ linieritas_hubungan. pdf.

Xiao, Q., Chen, L., Xie, M., & Wang, C. (2020). Optimal contract design in sustainable supply chain: Interactive impacts of fairness concern and overconfidence. Journal of the Operational Research Society, 1-20.
Published
2022-02-28
How to Cite
Dewi, K., & Roshayanti, F. (2022). Pola Overconfidence Siswa Dalam Pembelajaran Biologi SMK Nusaputera 2 Semarang. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 14(1), 10-17. https://doi.org/10.30599/jti.v14i1.1173