Peran Komunkasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

  • Wahyu Sanjaya Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Muhamad Ikhsanudin Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Ahmad Sodikin Universitas Nurul Huda OKU Timur

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian qualitatif field research dengan metode penelitian bersifat deskriptif. Pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya bahwa Peran komunikasi interpersonal PAI di MA Al-Falaah Lekis Rejo melaksanakan empat peran pokoknya sebagai pendidik, pembimbing, manajer, administrator. Motivasi belajar peserta didik diketahui bahwa berbagai motivasi yang diberikan oleh guru guru PAI akan membuat motivasi belajar dan disiplin peserta didik akan meningkat sehingga prestasi belajar juga semakin meningkat. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik dapat berasal dari dalam maupun dari luar. Faktor pendukung meliputi iklim komunikasi, adanya kebersamaan dan saling menghargai antara guru dengan peserta didik, sikap saling terbuka antara guru dengan peserta didik, mampu memberikan kelancaran dan kemudahan dalam berkomunikasi terkait pelaksanaan kemajuan kelas, Memberikan pengahargaan pada peserta didik yang berprestasi. Faktor penghambat meliputi, hambatan fasilitas, dan hambatan eksternal. Hambatan pekerjaan misalnya masih kurangnya waktu guru PAI di sekolah maupun di kelas sehingga sangat sulit untuk menyampaikan informasi yang bersifat mendadak. Hambatan fasilitas yaitu masih terdapatnya peserta didik yang tidak mempunyai alat komunkasi serta letak geografis peserta didik yang sulit dijangkau. Hambatan eksternal yaitu misalnya terdapat gangguan sinyal pada telepon celuler. .

Keywords: Komunikasi, Interpersonal Guru PAI, Motivasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta, Jakarta.

Hamalik Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Jalaludin. (2011). Filsafat Pendidikan Islam. Kalam Mulia,Jakarta.

Margono, S. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Asdi Mahasatya, Jakarta.

Purwanto, Ngalim. (2002). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan kualitatif, kuantitatif, dan R&D . Alfabeta, Bandung.

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara, Jakarta.

Syah Muhibin .(2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Undang-Undang SISDIKNAS Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional.
Published
2022-02-27
How to Cite
Sanjaya, W., Ikhsanudin, M., & Sodikin, A. (2022). Peran Komunkasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Al-Iā€™tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 42-51. Retrieved from https://journal.unha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/1467