Pendidikan Agama Islam Berwasasan Multikultural Dalam Menanamkan Toleransi Beragama Siswa

  • Ifka Ayu Rofikoh Sari Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Romdloni Romdloni Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Sholeh Hasan Universitas Nurul Huda OKU Timur

Abstract

Indonesia merupakan negara multikultural terbesar, hal ini dapat dilihat dari kondisi sosial, budaya, agama, maupun geografis yang beragam dan luas Keragaman agama dan kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bentuk pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural dalam menanamkan toleransi beragama siswa di SMP Negeri 1 Belitang III; 2) Mendeskripsikan bagaimana Pendidikan agama Islam Berwawasan multikultural dalam menanamkan toleransi beragama siswa di SMP Negeri 1 Belitang III; 3) Mendeskripsikan hambatan dalam Pendidikan agama Islam Berwawasan multikultural dalam menanamkan toleransi beragama siswa di SMP Negeri 1 Belitang III. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk Pendidikan agama Islam Berwawasan multikultural dalam menanamkan toleransi beragama siswa adalah melalui kegiatan di dalam kelas dan di luar kelas. Implementasi pembelajaran tersebut menggunakan beberapa upaya dalam pelaksanaannya, di antaranya yaitu memberikan kebebasan dan tidak membeda-bedakan siswa, menyisipkan nilai-nilai toleransi dalam setiap pembelajaran. Hal tersebut di atas memberi dampak baik bagi SMP Negeri 1 Belitang III, yaitu terwujudnya sikap saling menghargai. Selain itu segala kegiatan sekolah juga menjadi harmonis (tidak ada konflik) dan penuh akan nilai-nilai toleransi.

Keywords: Pendidikan Agama Islam, Multikultural, Toleransi Beragama

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arib, Maqbul. 2014. Dakwah di Tengah Keragaman dan Perbedaan Umat Islam. Jurnal Dakwah Tabligh. Darmadi, Hamid. 2013. Metode Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Erviana, Ririn. 2019. Peran Guru PAI Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural Terhadap Pengembangan Sikap Toleransi Siswa di SMP Cahaya Bangsa Metro.
Skripsi : Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Metro.

Fauziyah, Nur. 2012. Peran Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural. Madrasah, Vol. 5, No. 1, Juli-Desember, 113-129.

Gunawan, Fahmi, dkk. 2018. Senarai Penelitian Pendidikan, Hukum, dan Ekonomi di Sulawesi Tenggara. Yogyakarta: Deepublish.

Hasan, Muhammad Rizik. 2020. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Multikultural Dalam Menanamkan Toleransi beragama Siswa di SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi: Progam Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Komariah, Aan & Djam’an Satori. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Moelong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mahfud, Choirul. 2013. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, Nusa & Santi Lisnawati. 2012. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rasimin, R. 2018. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis Kualitatif. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Qomarudin, M. 2019. Model Pengembangan Kurikulum PAI Multikultural. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 98-101.
Published
2022-02-26
How to Cite
Rofikoh Sari, I., Romdloni, R., & Hasan, S. (2022). Pendidikan Agama Islam Berwasasan Multikultural Dalam Menanamkan Toleransi Beragama Siswa. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 35-41. Retrieved from https://journal.unha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/1466