Pembinaan Menghafal Juz 30 Menggunakan Metode Yanbu’a di Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Darul Mujawwidin Desa Harjomulyo Jaya OKU Timur

Authors

  • Nor Kholidin Universitas Nurul Huda
  • Ahmad Taufiq Yuliantoro Universitas Nurul Huda
  • Supangat Supangat Universitas Nurul Huda
  • Ratih Purnama Pertiwi Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jimi.v4i1.1617

Keywords:

Metode, Yanbu’a, Menghafal, Al-Qur’an

Abstract

Permasalahan yang sering muncul dalam program menghafal Al-Qur’an bagi anak-anak antara lain peserta didik tidak lancar hafalannya, tidak fasih membaca Al-Qur’an dan tidak bisa menulis arab sesuai kaidah. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam program menghafal Al-Qur’an antara lain faktor intern peserta didik, faktor kompetensi guru dan metode yang digunakan. Metode Yanbu’a adalah suatu metode yang dirancang untuk membimbing peserta didik dalam membaca, menulis dan menghafalkan Al-Qur’an. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi. Alur kegiatan meliputi persiapan, penyampaian materi dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini telah dapat menjawab tujuan awal pengabdian yaitu memberikan edukasi tentang metode Yanbu’a. Guru dapat memahami tentang kurikulum Yanbu’a, cara mengajar Yanbu’a dan perangkat pembelajaran Yanbu’a.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmar, A. I., & Lestari, H. (2021). Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). 1-20.
Anam, N. (2020). Pendampingan Pendirian dan Pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Al-Inaroh Desa Tisnogambar. Al-Ijtima’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). 1-16.
Chairani, L. (2010). Psikologi Santri Penghafal Al-qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hakim, F. M. & Litho’atillah. (2014). Membumikan Al Qur’an. Kediri: Lirboyo Press.
Maharani, D. & Helmiah, F. (2018). Pelatihan Komputer Dalam Meningkatkan Tahfidz Qur’an Menggunakan Alqur’an Digital Tajwid. Jurdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). 95-100.
Mamlu’ah, A. & Diantika, E. D. (2018). Metode Yanbu’a Dalam Penanaman Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Santri TPQ At-Tauhid Tuban. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2). 110-119.
Massul, R. (2014). Metode Cepat Mengahafal dan Memahami Ayat-ayat Suci Al-qur’an. Yogyakarta: Lafal Indonesia.
Nurbaiti, R., & Wahyudin, R. U. (2021). Penerapan Metode Muroja’ah Dalam Menghafal Al-qur’an Siswa. Al i’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 55-59.
Putra, I. A., & Khoirun, N. (2021). Sosialisasi Metode Yanbu’a bagi Santri di Pondok Pesantren Al Fatich Tambakberas Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Al-qur’an. Jumat: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 19-24.
Syahidin. (2019). Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al Qur’an. Bandung: Alfabeta.
Taulidia, T. & Nisa, L. (2021). Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pesantren Pada Masa Pandemi Covid-19. Hamalatul Qur’an: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Qur’an, 2(1). 7-12.
Ulinnuha, M. (2019). Yanbu’a. Kudus: Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus.
Warsono & Abror, M. A. (2020). Edukasi Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-qur’an di Pon. Pes. Hidayatul Mustaqim Desa Bulusari Kediri. JPMD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa, 1(1). 143-154.

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Kholidin, N., Yuliantoro, A. T., Supangat, S., & Pertiwi, R. P. (2022). Pembinaan Menghafal Juz 30 Menggunakan Metode Yanbu’a di Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Darul Mujawwidin Desa Harjomulyo Jaya OKU Timur. Jurnal Indonesia Mengabdi, 4(1), 8–11. https://doi.org/10.30599/jimi.v4i1.1617
Abstract Views: 443 | File Views: 250

Most read articles by the same author(s)