Penerapan Metode Asosiasi Pada Toko Afifa Dengan Algoritma Apriori

Authors

  • Nindy Devita Sari Universitas Nurul Huda
  • Septi Khoiriah Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/instink.v1i1.1498

Abstract

Data mining adalah sebuah teknik untuk mengekstrak informasi baru dari gudang data. Informasi dianggap sangat penting dan berharga karena informasi dapat membantu mencapai tujuan. Oleh karena itu, tidak hanya semua orang yang bersaing untuk mendapatkan informasi, tetapi juga perusahaan perdagangan seperti Toko Afifa di Desa Kerujon. Toko ini berlokasi sangat strategis di kawasan rumah penduduk, tentu saja ini mempengaruhi tingkat penjualan di toko tersebut, dengan adanya aktivitas transaksi penjualan setiap harinya, data transaksi penjualan terus bertambah dan mengakibatkan penumpukan data. Data transaksi penjualan hanya dijadikan sebagai arsip dan tidak dimanfaatkan dengan baik. Pada dasarnya, dataset berisi informasi yang sangat berguna. Metode asosiasi menggunakan Algoritma Apriori adalah salah satu metode data mining yang berguna untuk mencari pola asosiasi berdasarkan pola belanja yang dilakukan oleh konsumen, sehingga dapat di lihat item-item produk apa saja yang biasa dibeli oleh konsumen secara bersamaan.

 

 

Kata kunci—Data Mining, Market Basket Analysis, Algoritma Apriori

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-05

How to Cite

Sari, N. D., & Khoiriah, S. (2022). Penerapan Metode Asosiasi Pada Toko Afifa Dengan Algoritma Apriori. Instink: Inovasi Pendidikan, Teknologi Informasi Dan Komputer, 1(1), 8–17. https://doi.org/10.30599/instink.v1i1.1498

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 424 | File Views: 483